Logo Fakultas Komputer UVERS

Identitas Program Studi

Menjadi program studi yang meluluskan profesional dibidang komputer grafis dan IoT Developer di kepulauan riau yang memiliki karakter dan wawasan dunia satu keluarga.

Profil Lulusan

  • 1.
    Multimedia Engineer
    Mampu mendesain dan membuat produk IT berbabasis Multimedia yang mengikuti perkembangan teknologi dengan memperhatikan tatacara pengembangan perangkat lunak.
  • 2.
    IoT Developer
    Mampu mendesain dan membuat perangkat keras dan sistem cerdas yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan kualitas hidup masyarakat dan industri.

Penciri Prodi

  • 1.
    Graphic Modelling, Digital Image Processing, Image Recognation, 3D processing, Digital Animation, Virtual Reality, UI-UX Designer, Visualizer, Visual Effect Artist.
  • 2.
    Hardware Interfacing, IP Networking, Automation, Machine Learning and AI.

Penciri Institusi

Wawasan peradaban dunia satu keluarga yang memperlihatkan keindahan kodrati insan manusia sebagai mahluk yang: Berke-Tuhanan berakhlak mulia menghormati semesta alam beserta seluruh isinya.

Capaian Pembelajaran

Aspek Sikap

  • S1:
    Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  • S2:
    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • S3:
    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • S4:
    Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  • S5:
    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • S6:
    Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • S7:
    Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • S8:
    Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • S9:
    Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  • S10:
    Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • S11:
    Menginternalisasi prinsip-prinsip etika dalam profesi akuntansi dan keuangan; dan
  • S12:
    Menginternalisasi prinsip dan sikap peradaban dunia satu keluarga.

Aspek Keterampilan Umum

  • U1:
    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  • U2:
    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  • U3:
    Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  • U4:
    Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • U5:
    Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • U6:
    Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  • U7:
    Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  • U8:
    Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  • U9:
    Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
  • U10:
    Mampu menggunakan perangkat berbasis teknologi informasi untuk melakukan pengelolaan data secara digital.

Aspek Pengetahuan

  • P1:
    Mampu Mengidentifikasi, merencanakan, merancang, mengevaluasi, dan menerapkan solusi terhadap permasalahan pada bidang informatika.
  • P2:
    Mampu mengkaji isu-isu di bidang informatika dan menunjukkan keahlian dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi baik rencana strategis maupun rencana pelaksanaan.
  • P3:
    Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argument sainstifik untuk solusi permasalahan teknologi informatika.
  • P4:
    Mampu memilih dan menerapkan teknik dan perangkat yang paling sesuai (best practice) guna mendukung penyelesaian permasalahan teknologi informatika.
  • P5:
    Mampu berkarya dengan perilaku etika sesuai bidang keprofesian teknologi informatika.
  • P6:
    Mampu berkomunikasi secara efektif pada berbagai kalangan.
  • P7:
    Mampu melibatkan diri dalam proses belajar terus menerus sepanjang hidup.
  • P8:
    Mampu bekerjasama secara efektif dan menjadi pemimpin dalam bidang keprofesian teknologi informasi.
  • P9:
    Mampu menerapkan nilai-nilai kewirausahaan di bidang teknologi informatika

Aspek Keterampilan Khusus

  • K1:
    Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk pengembangan aplikasi berbasis teknologi multimedia
  • K2:
    Mampu merancang dan mengembangkan algorithma untuk pengembangan aplikasi berbasis manajemen informasi dan basis data;
  • K3:
    Mampu merancang dan mengembangkan algoritma untuk pengembangan aplikasi berbasis jaringan (LAN/WAN) dan komputasi bergerak
  • K4:
    Mampu merancang dan menghasilkan sebuah aplikasi komputer dengan desain grafis antarmuka yang ramah pengguna
  • K5:
    Mampu merancang dan menghasilkan sebuah aplikasi komputer dengan mempertimbangkan faktor-faktor perangkat lunak, perangkat keras, jaringan, manusia, dan prosedur yang berlaku di suatu organisasi atau masyarakat;
  • K6:
    Mampu menemukan sumber masalah di suatu organisasi atau masyarakat melalui proses investigasi, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan pendekatan teknis untuk kemudian merancang alternatif solusinya melalui pengembangan sistem berbasis komputer;
  • K7:
    Mampu melakukan penelitian yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan algoritma dan ilmu komputer.
  • K8:
    Mampu mengembangkan bisnis secara mandiri melalui penciptaan produk-produk berbasis teknologi informasi yang kreatif dan inovatif serta mengedepankan aspek pemenuhan kebutuhan suatu organisasi atau masyarakat;

Struktur Kurikulum

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
UV
Kebudayaan dan Peradaban 1
2
-
2
UV
Bahasa Inggris 1
2
-
2
COMP101
Algoritma dan Pemrograman
2
2
4
COMP102
Matematika Diskrit
2
-
2
COMP103
Aplikasi Komputer
-
2
2
IF101
Basis Data
3
1
4
IS203
Proses Bisnis
2
2
4
IS204
Kepemimpinan Organisasi
1
1
2

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
UV
Kebudayaan dan Peradaban 2
2
-
2
UV
Bahasa Indonesia
2
-
2
COMP201
Pemrograman Beorientasi Objek
2
2
4
COMP202
Jaringan Komputer
1
1
2
IF201
Aljabar Linear
2
2
4
IF202
Dasar Robotika
1
1
2
IF203
Teori Bahasa dan otomata
2
-
2
IF204
Dasar Multimedia
1
1
2

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
UV
Kebudayaan dan Peradaban 3
2
-
2
COMP301
Pemrograman Web
1
3
4
COMP302
Pengantar Kewirausahaan
2
-
2
IF301
Analisa Perancangan Perangkat Lunak
2
2
4
IF302
Proses Mikro dan Kontrol Mikro
2
2
4
IF303
Grafika Komputer
2
2
4

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
UV
Kebudayaan dan Peradaban 4
2
-
2
UV
Bahasa Inggris 2
2
-
2
COMP401
Kewirausahaan Sosial
-
2
2
IF401
Pengolahan Citra
2
2
4
IF402
Sensor & Transduser
2
2
4
IF403
Digital Desain
2
2
4
IF404
Antarmuka dan Pengalaman Pengguna
1
1
2

Track Multimedia Engineer

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
UV
Pancasila
2
-
2
COMP501
Metodologi Penelitian
2
-
2
IF501
Keamanan Jaringan
2
2
4
IF502
Pemrograman Mobile
2
2
4
IF503
Kecerdasan Buatan
2
2
4
ME502
Animasi Komputer
2
2
4

Track IoT Developer

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
UV
Pancasila
2
-
2
COMP501
Metodologi Penelitian
2
-
2
IF501
Keamanan Jaringan
2
2
4
IF502
Pemrograman Mobile
2
2
4
IF503
Kecerdasan Buatan
2
2
4
IoT502
Pemrograman Kontrol dan Logika
2
2
4

Kampus Merdeka

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
UV
Pancasila
2
-
2
COMP501
Metodologi Penelitian
2
-
2
IF501
Network Security
2
2
4
IF502
Mobile Programming
2
2
4
Matakuliah Pilihan Prodi Lain Dalam Universitas
2
2
4
Matakuliah Pilihan Prodi Lain Dalam Universitas
2
2
4

Track Multimedia Engineer

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
UV
Agama
2
-
2
UV
Kewarganegaraan
2
-
2
IF601
Manajemen Proyek Teknologi Informasi
1
1
2
IF602
Sistem Terdistribusi
2
2
4
ME601
Interaksi 3 Dimensi
2
2
4
ME602
Audio Visual
2
2
4

Track IoT Developer

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
UV
Agama
2
-
2
UV
Kewarganegaraan
2
-
2
IF601
Manajemen Proyek Teknologi Informasi
1
1
2
IF602
Sistem Terdistribusi
2
2
4
IoT601
Pembelajaran Mesin
2
2
4
IoT602
Robot Otonom
2
2
4

Kampus Merdeka

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
Magang / Praktik Industri
Proyek di Desa
Pertukaran Pelajar
Penelitian / Riset
Wirausaha
Studi / Proyek Independen
Proyek Kemanusiaan
Mengajar di Sekolah

Track Multimedia Engineer

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
IF701
Etika Profesi IT
2
-
2
IF702
Sistem Informasi Geografis
2
2
4
ME701
Visual Effect (VfX)
1
1
2
ME702
Mix Reality
2
2
4
ME703
Desain Komunikasi Visual
2
2
4

Track IoT Developer

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
IF701
Etika Profesi IT
2
-
2
IF701
Sistem Informasi Geografis
2
2
4
IoT701
Smart System
2
2
4
IoT702
Fuzzy Logic
2
2
4
IoT703
Cloud Computing
2
2
4

Kampus Merdeka

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
Magang / Praktik Industri
Proyek di Desa
Pertukaran Pelajar
Penelitian / Riset
Wirausaha
Studi / Proyek Independen
Proyek Kemanusiaan
Mengajar di Sekolah

Kode Mata Kuliah sks Teori sks Praktek sks Total
UV
Kapita Selekta
2
-
2
COMP801
Tugas Akhir
-
6
6

Scroll to Top